Beragam Tips Untuk Bunda Baru

Memang tidak mudah untuk beradaptasi bagi bunda baru dengan kehidupannya setelah kehadiran si buah hati. Meskipun mengalami kesulitan akan tetapi hal tersebut tentunya merupakah hal yang sudah ditunggu-tunggu bagi semua bunda baru selama 9 bulan. Banyak sekali penyesuaian yang harus dilakukan bunda dalam merawat si buah hati yang kadang membuat kaget, bingung, dan panik. Oleh karena itu bunda dapat mengikuti beberapa cara merawat bayi agar bunda dapat terbiasa dan terlatih.

  1. Mengerti maksud tangisan bayi

Bayi tidaklah seperti orang dewasa yang ketika merasa tidak nyaman, lapar, sakit, atau merasa sakit akan berbicara dan memberitahukan kepada orang tuanya. Karena bayi tidak bisa bicara satu-satunya cara penyampaian yang bisa dilakukan oleh bayi yaitu dengan tangisan. Jika bayi lapar, popoknya basah, ingin digendong, merasa sakit pasti dia akan menangis untuk memberitahukan kepada bunda dan ayah. Cara tangisannya memang terdengar sama akan tetapi sebenarnya berbeda, perlahan bunda dan ayah akan mengetahui perbedaan-perbedaan tersebut.

  1. Membersihkan tubuh bayi

Bayi pada saat baru lahir memerlukan pembersihan di beberapa bagian tubuhnya. salah satu bagian tubuh bayi baru lahir yang wajib selalu dibersihkan yaitu tali pusar. Tali pusar dapat dibersihkan pada saat mandi kemudian segera dilakukan pengeringan dengan kasa steril agar tidak terjadi infeksi. Seperti sabun cuci botol bayi newborn yang dibutuhkan untuk mensterilkan peralatan bayi, pada saat mandi bayi juga membutuhkan sabun yang aman digunakan sesuai usianya. Fungsi sabun mandi bayi sama halnya dengan fungsi sabun pencuci botol bayi pada saat membersihkan peralatan bayi yaitu membersihkan kuman-kuman yang mampu menyebabkan penyakit bagi bayi. Setelah mandi bayi perlu menggunakan minyak telon untuk menghangatkan tubuh agar terhindar dari perut bayi kembung.

  1. Cara menidurkan bayi

Trik menidurkan bayi dengan benar juga penting bagi bunda agar bunda tidak kesulitan pada saat menidurkan si kecil. Seain itu bunda juga harus mencoba mengajari si kecil untuk mengetahu waktu-waktu tidurnya agar si kecil tidak terbangun dijam yang seharusnya dia tertidur. Kebiasaan mengenalkan waktu tidur juga sangat bagus agar si kecil tidak membuat bunda dan ayah begadang di malam hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *